Sabtu, 17 Agustus 2013

Tolong hargai keunikan anak saya, bu..


Sebentar lagi akan mulai tahun ajaran baru. Ibu2 yg anaknya sdh memasuki usia sekolah mulai bersiap dari awal tahun. Sebenarnya saya ingin sekali memberi 'bekal' pd Yafi. Menemaninya bermain sambil belajar atau menemaninya les spt ibu2 yg lain, tp apa daya..
Harap harap cemas,miris,bingung,grogi,berserah diri, optimis,pesimis sekaligus sedih bercampur baur dlm hati saya setiap kali mengantar Yafi ikut tes msk SD. Karena stp kali itu pula selalu sj ada pertanyaan ''anaknya sdh ikut les apa saja,Bu?''
Sementara sy tahu pasti kalu Yafi tdk pernah ikut les apapun. Dirumah jg tdk pernah lg belajar, karena Bundanya sdh sibuk dgn adiknya..

Di sekolah favorit A:
Setelah menunggu tes 25 menit, Yafi keluar ttp dgn wajah yg berseri-seri, sebaliknya ibu guru sbg pewawancara tampak tak bersemangat.
''Bagaimana, bu..apakah anak saya bisa menjawab?''tanya saya(B)
''Anak ibu harus byk belajar. Berhitung,bhs inggris dan pengetahuannya salahnya''(G)
G kmd melanjutkan..
''Harusnya kalau berhitung itu pakai jari dong, bu. Atau dicoret2 lah. Minimal bersuara. Tapi anak ibu cm dibayangkan saja. Jadi byk yg salah. Misalnya saja 6+9,dia sptnya cm melamun trus diajawab,bisa saja ya dia asal jwb. Jadi ada yg salah dan yg betul''

Setahu saya,dulu kalau yafi saya suruh berhitung, dia selalu bersemangat dan selalu dia jwb dgn benar,wlpn cm dibayangkan saja..
B:''Anak saya, berhitungnya salah byk,bu?''
G:''Yaaa salah satu siy dari 10 soal,tp besok2 kalau berhitung harus pakai jari ya bu. Jadi saya tahu, kalau dia tidak asal menjawab''
G: ''Bahasa inggris, ttg warna juga begitu,bu. Masa dia cm benar 4 soal?''
B:''Ohya? Yg tidak bs dia jwb, itu apa saja ya bu?Karena setahu saya,dia sdh hapal warna2 dlm bhs inggris sebelum 3 tahun.Lalu ada brp soal ttg warna,warna?''
G:''Biru tua dia tdk bisa, biru kehijauan jg dia tdk bisa.Yah,sementara itu saja siy,ada 2 soal yg tidak bisa dia jawab. Soalnya ada 6''
Sampai situ saya mulai kesal dgn ibu itu. Anak saya cm tidak bisa menjawab dua soal dari enam soal bhs inggris,kok guru itu tega2nya mencap anak saya tidak bisa (bahkan saya jg tidak tahu bahasa inggrisnya biru kehijauan itu apa). Dalam berhitung juga begitu. Anak saya cm salah satu dari 10 soal yg diberikan,dan hanya karena anak saya tidak menggunakan jarinya,suaranya atau corat-coret dlm berhitung,maka anak saya dicap asal2an.Setelah itu saya tinggalkan guru itu. Saya berharap anak saya tidak usah bersekolah disitu,walaupun SD itu adalah SD favorit sedunia! Walaupun kmd anak saya dinyatakan lulus dgn nilai 8!

Pengalaman selanjutnya adalah di SD B..
G:''Dibaca perintahnya ya!''
Anak saya (Yafi/Y) mengangguk..
G:''Adik bayi minum apa?''
Y:''ASI''
G:''Susu!''
Y:''Susu buat kakak,bunda sama ayah..adik bayi cuma ASI (meniru jawaban saya sebenarnya)
G:''Tidak,kamu salah! Susu buat adik bayi!''
Anak saya pun mengkeret...

Saya jadi merenung,apakah berbeda itu tidak boleh?

April 6, 2011

0 komentar:

Posting Komentar